Tentang

Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang merupakan salah satu kawasan yang berpotensi  menjadi target pengembangan daerah tujuan wisata, terutama, wisata ziarah, budaya, arkeologi dan kebumian Provinsi Jawa Tengah. Hal ini didukung oleh adanya situs cagar budaya berupa candi, yaitu Candi Dukuh.

Mengutip pada Peraturan Pemerintah Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010-2025, salah satu bentuk pengembangan kawasan cagar budaya adalah, arahan untuk menjaga  dan melestarikan kebudayaan agar mendapat nilai manfaat (use value) dan nilai keberadaan (existence value). Dalam hal ini, nilai manfaat lebih ditujukan untuk pemanfaatan cagar budaya yang bersifat kebendaan maupun kebudayaan, baik untuk ilmu pengetahuan, sejarah, agama, kebudayaan, jatidiri, ilmu maupun ekonomi melalui pariwisata yang keuntungannya dapat dirasakan oleh warga lokal dan juga pendapatan daerah. Harus dipahami dengan baik, bahwa manfaat ekonomi ini bukanlah menjadi tujuan utama dalam pemanfaatan cagar budaya sebagai objek wisata, tetapi merupakan dampak positif dari keberhasilan pemanfaatan cagar budaya dalam pariwisata.

Candi Dukuh  merupakan candi Hindu jaman Mataram Kuno yang diperkirakan didirikan pada Abad 9 Masehi oleh para pengikut Kerajaan Mataram Kuno di daerah Rowoboni, Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang.

Secara geologi daerah didirikannya Cadi Dukuh sangat sulit pada jaman itu karena di dirikan di kawasan rawa, yaitu Rawa Pening dan disekitar lereng Gunung Telomoyo dengan batuan vulkanik,berupa intrusi andesit, tuff andesit, lava andesit dan lithic tuff.

Berdasarkan hal tersebut maka perlu diadakan penelitian lebih lanjut dan lebih detail mengenai kondisi geologi dari daya dukung tanah dan kuat tekan batuan yang ditumpangi bangunan Candi, juga pengembangan kawasan geologi dan lingkungannya serta kerawanan bencana tanah longsor, letusan gunung api, sehingga dapat memberikan rekomendasi untuk kelestarian bangunan dan kawasan Candi Dukuh,  Tahap selanjutnya akan dikembangakan kearah informasi kepariwisataan, keekonomian dan kepopuleran Candi Dukuh ke tingkat Nasional dan Internasional dengan sudah dimasukan uraian data kebumiannya.

Ingin tahu lebih jauh? Hubungi kami di: admin@rowoboni.com